Perkembangan Terkini ERP di Tahun 2017

Kebanyakan bisnis yang telah bergerak di luar proses bisnis umum berpikir untuk mengimplementasi ERP. Bagaimana cara mengatur hubungan dengan pelanggan (CRM), mendapatkan laporan penjualan (POS),  data karyawan (RD). Itu semua dapat anda dapatkan pada  ERP yang juga merupakanaset bagi perusahaan Anda.

Meskipun ERP adalah salah satu segmen sudah lama di dengar bagi para pengguna software, vendor ERP secara konsisten berkembang untuk menjadi lebih kuat, lebih terjangkau, dan mengurangi kompleksitas. Vendor besar seperti Oracle, SAP dan Microsoft memiliki pangsa terbesar dari pasar ERP, tetapi para pemain baru mulai memberikan inovasi dengan Software as a Service (SaaS) . Dalam bagian ini, kita akan mempelajari tren yang paling penting yang diharapkan dari industri ERP pada tahun 2017.

1. Pindah ke SaaS Cloud

Aplikasi ERP “tradisional” disimpan di server Anda, yang berarti diperlukan beberapa biaya seperti biaya hardware, biaya maintenance hardware dan upgrade dan backup data . Aplikasi berbasis SaaS disimpan di server berbasis cloud, yang jauh lebih murah, lebih cepat update pada perusahaan skala besar dan tidak perlu ruangan khusus di kantor. Tentu ini akan menghemat biaya bagi perusahaan.

Dalam beberapa modul aplikasi bisnis seperti CRM, HR, dan Procurement, SaaS telah menjadi model pengembangan default kedepan. Pergeseran ke SaaS akan terus berlangsung selama tiga tahun ke depan dan menjadi pilihan deployment yang lebih disukai untuk berbagai jenis usaha. Untuk perusahaan besar, implementasi akan lebih terkendali, permasalahan dapat ditangani dengan cepat.

Jika Anda sudah berinvestasi dengan ERP yang ada di server sendiri, coba analisa perbandingan antara ERP lokal dengan SaaS. Apakah kedepan baik untuk perusahaan anda? .

2. Gabungan SaaS dan ERP

Jika anda sudah memiliki ERP yang berada di server lokal dan sudah berjalan dengan baik. Ada kalanya kedepan perusahaan ingin menambahkan modul baru. Ada baiknya untuk mempertimbangkan menggabungkan ERP dengan SaaS. Jadi tidak seperti point 1 dengan pindah secara keseluruhan, tetapi point 2 ini lebih ke arah pada modul berikutnya menggunakan SaaS.

Inti ERP Modul

3. ERP untuk Anak Perusahaan

Vendor ERP di server lokal sekarang sudah melakukan migrasi menggunakan SaaS kepada para client secara bertahap. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi para pelanggan mengganti ERP secara keseluruhan. Pendekatan bisnis cara ini sangat baik untuk menangkal pemain baru yang telah menggunakan SaaS.  Dengan migrasi ERP lokal ke Saas mengibaratkan ERP sebagai anak perusahaan. Model ini efektif untuk mengadopsi SaaS secara perlahan tanpa harus mengganti ERP.

4. Persaingan dari Pengganggu

Raksasa ERP yang secara tradisional didominasi industri menghadapi persaingan yang ketat perusahaan Saas. Perusahaan seperti FinancialForce (yang didirikan pada tahun 2009 dan telah memiliki lebih dari 1.300 pelanggan ERP) dan Kenandy (didirikan pada 2010) sedang membangun solusi di Salesforce App Cloud untuk membuat solusi mereka lebih menarik bagi pengguna yang paling populer CRM dan penjualan.

5. Internet adalah Segalanya

Untuk dapat menjalankan SaaS harus menggunakan internet. Oleh karena itu internet memegang peranana yang sangat penting dalam implementasi SaaS. Internet yang cepat dan stabil sangat diperlukan perusahaan yang menggunakan ERP SaaS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *