Samsung Notebook 9 Pro Resmi Diluncurkan dengan Dukungan S-Pen

Baru-baru ini Samsung telah meluncurkan laptop terbaru miliknya yang bernama Samsung Notebook 9 Pro yang merupakan notebook dengan dua varian layar, yakni 13.3 inci dan 15 inci. Kedua model tersebut mengadopsi pendekatan multimode 360 derajat yang tengah diminati oleh pasar saat ini. Selain itu, kedua model notebook tersebut juga hadir dengan dukungan Samsung S-Pen yang didukung penuh oleh Windows Ink.

 

Dilihat dari desainnya, Samsung Notebook 9 Pro ini mengingatkan kita pada desain yang dimiliki oleh Samsung Chromebook Pro. Desainnya terlihat minimalis namun memberikan kesan mewah, yang tentunya akan menghadirkan kebanggan tersendiri bagi pemiliknya.

Baik model 13 inci maupun 15 inci memiliki resolusi layar yang sama, yakni FHD 1080p. Sementara untuk jenis panelnya, beberapa berpendapat bahwa panel tersebut berjenis LED, namun untuk lebih jelasnya kita harus menunggu hingga perangkat tersebut tersedia untuk hands-on dalam beberapa waktu mendatang.

Sementara untuk dapur pacunya, kita akan menemukan prosesor Intel Core i7-7500U yang merupakan platform prosesor terkenal untuk segmen perangkat ini. Prosesor tersebut mampu menjalankan tugas-tugas umum, meski tujuan utamanya untuk produktivitas mengingat dari konsep yang diusung notebook ini.

Untuk model yang memiliki layar seluas 15 inci memiliki pilihan GPU diskrit (AMD Radeon 540), yang cocok untuk pekerjaan desainer grafis dan video editing karena memiliki performa grafis yang mumpuni. Untuk model 13 inci akan hadir dengan RAM 8GB, sementara varian 15 inci hadir dengan RAM 16GB, yang memperkuat kesan kita bahwa model yang lebih kecil diarahkan produktivitas umum, sementara yang lebih besar untuk karya kreatif. Untuk penyimpanannya menggunakan SSD sebesar 256GB.

Laptop terbaru ini juga diharapkan hadir dengan standar WiFi AC terbaru, bersama dengan Bluetooth 4.1, serta hadir dengan setup speaker ganda 1.5W. Sementara S-Pen akan bersaing dengan pena digitizer lain, dimana pena ini memiliki ujung 0.7mm dan tingkat sensitivitas tekanan 4096. Samsung tidak mengungkapkan jika teknologi tersebut kompatibel dengan Wacom atau N-Trig, namun secara historis, Samsung telah bekerja dengan Wacom.

Seperti biasa, Samsung memiliki keyboard backlit chiclet dengan ukuran tombol keyboard yang nyaman. Sementara untuk trackpad berukuran cukup besar dan nyaman digunakan. Kedua model memiliki port 2 port USB 3.0, 1 USB Type-C, HDMI, MicroSD, HP/Mic, dan DC-in. Anehnya, baik model 13” dan 15” memiliki kapasitas baterai 54Wh yang sama, tetapi berbeda charger watt (40W dan 60W, masing-masing).

Dari ukuran yang diusungnya, ini akan menjadi kompetitor berat bagi perangkat dengan ukuran serupa yang sudah beredar di pasaran. Secara keseluruhan, laptop Samsung Notebook 9 Pro tampaknya menjadi pilihan yang solid untuk pasar komputer produktivitas, dimana varian 15 inci dapat juga menangani kebutuhan gaming mengingat GPU yang diusungnya cukup mumpuni dalam menangani grafis berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *