Viking Technology Siap Pasarkan SSD UHC-SILO 50TB Unggulan Terbarunya

Kecil-kecil cabe rawit, itulah pepatah yang pantas untuk mengungkapkan keandalan SSD dalam menunjang pengoperasian sistem komputasi yang sejatinya layak diperhitungkan keberadaannya. Berkat konsep kepadatan (densitas) yang diusungnya, SSD sanggup mengemas kapasitas yang lebih besar dan kinerja yang lebih mengesankan meski memiliki form factor yang kecil sekalipun.

Berbeda dengan prototipe 60TB yang lebih besar yang pernah diperlihatkan oleh Seagate pada ajang Flash Memory Summit tahun lalu, 50TB UHC-SILO adalah salah satu model SSD unggulan terbaru Viking Technology yang dikabarkan baru saja resmi merambah pasaran dan layak diperhitungkan keberadaanya. Dan bahkan guna mengakomodasi kapasitas hardisk yang lebih besar, Viking dikabarkan telah menyematkan flash ke dalam selubung berukuran 3.5 inci.

Yang lebih mengejutkan lagi, adalah penggunaan standard Sk Hynix planar (2D) NAND dan bukan NAND 3D yang lebih padat. Hadir dengan koneksi dual-port 6Gb/s SAS, SSD UHC-SILO menawarkan fitur failover dan multi-pathing, yang tidak membatasi kinerja secara keseluruhan.

Berkemampuan hingga 60.000/15.000 random read/write IOPS dan hingga 500/530MB/ s sequential read/write throughput, menempatkan SSD UHC-SILO ini setara dengan kebanyakan SSD SATA kelas penggemar saat ini. Untuk mengurangi konsumsi daya yang ada, Viking Technology telah mempersiapkan SSD terbarunya tersebut dengan konsumsi daya sebesar 16W, yang diklaimnya dapat mengurangi biaya hingga 80% per TB.

Sedangkan perihal dukungan controllernya sendiri, sayangnya Viking Technology belum mengungkapkannya sejauh ini, jadi sulit untuk berspekulasi jika SSD tersebut akan bekerja lebih cepat dengan interface lainnya. Dan semoga saja itu semua bakal terjawab saat berlangsung ajang Flash Memory Summit pada tahun ini yang hanya beberapa minggu lagi dari sekarang.

Planar NAND, meski tidak sekuat NAND 3D, memberikan metrik ketahanan yang solid. SSD UHC-SILO menawarkan daya tahan 1 DWPD (Drive Write Per Day) selama lima tahun, yang berarti penggunanya dapat menulis hingga 91.25PB data ke drive dan tetap berada dalam jangkauan jaminan garansi yang ada.

Berhubung belum ada konfirmasi terkait harga resminya, wajar kiranya kalau ada yang mengasumsikan harga pasarannya adalah sekitar $ 18.000 (± 239,7 jutaan rupiah). Meskipun pusat data terus mengalihkannya pada penggunaa SSD dengan tingkat kepadatan tinggi, namun dukungan SSD 50TB masih terbilang jarang. Mengingat hal itu, Viking Technology kabarnya juga telah memiliki opsi yang lebih terjangkau yaitu dengan menyodorkan model 25TB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *